Jum`at, 17 Mei 2024

INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI BERANDA DESA KEDUNGWARU KECAMATAN KARANGSAMBUNG KABUPATEN KEBUMEN

Musyawarah Desa Verivikasi, Validasi, Analisa dan Penetapan Hasil Pemutahiran Data SDGs Desa Tahun 2022

Musyawarah Desa Verivikasi, Validasi, Analisa dan Penetapan Hasil Pemutahiran Data SDGs Desa Tahun 2022

Kedungwaru, 26 Desember 2022 – Pemerintah Desa Kedungwaru dan BPD Desa Kedungwaru mengadakan Musyawarah Desa Verivikasi, Validasi, Analisa dan Penetapan Hasil Pemutahiran Data SDGs Desa Tahun 2022. Acara dimulai pukul 13.00 WIB sampai dengan selesai pukul 16.00 WIB, dihadiri oleh Ketua BPD dan Anggota, Ketua RT dan Ketua RW se-Desa Kedungwaru, serta dihadiri oleh Sekretaris Kecamatan, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa.

Acara dimulai dengan sambutan yang disampaikan oleh Ketua BPD Desa Kedungwaru yang diwakili anggota BPD Hendra Anas Subekti. Anas menyampaikan apresiasi terkait pelaksanaan program pendataan SDGs Desa Kedungwaru tahun 2022 dan sekaligus meminta maaf dikarenakan Ketua BPD hadir menyusul.

“Apresiasi saya sampaikan kepada tim Pokja SDGs Desa Kedungwaru tahun 2022 yang telah menyelesaikan proses pendataan sehingga pada hari ini dapat disampaikan dan kita bahas bersama-sama sebagai data desa yang harapannya data ini nantinya dapat menjadi acuan bagi pembangunan desa sehingga setiap program yang dilaksanakan dapat terukur sesuai kebutuhan masyarakat yang ada”, kata Anas.

Selanjutnya Kepala Desa Kedungwaru menyampaikan bahwa tim Pokja SDGs telah bekerja keras kurang lebih sebulan terakhir untuk melakukan verivikasi, validasi dan analisa terhadap data SDGs yang sebelumnya telah dilakukan pendataan awal pada tahun 2021.

“Sedikit cerita bahwa pendataan SDGs tahun ini merupakan pendataan yang kedu, artinya merupakan pemutahiran data dari hasil pendataan awal pada tahun 2021, harapannya pada proses pendataan kedua ini data yang dihasilkan lebih valid sehingga dapat benar-benar dijadikan acuan sebagai basis data dalam melaksanakan dalam roda Pemerintahan Desa”, ucap Kades.

Selanjutnya kedepannya proses pemutahiran data ini harus dilakukan secara berkelanjutan karena data tersebut bersifat dinamis dan harus selalu update menyesuaikan kondisi sebenarnya supaya program yang direncanakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Pada tahun anggaran 2023, kita menganggarkan dua kali kegiatan pemutahiran data SDGs yang rencananya akan dilaksanakan pada triwulan pertama dan triwulan ketiga sebelum proses pembahasan perencanaan kegiatan untuk tahun depan dilaksanakan, ketika hal tersebut dilaksanakan Insya Allah pembangunan di Desa Kedungwaru akan berjalan maksimal”, tutur Kades.

Sambutan terakhir oleh Pendamping Desa yaitu Dwi Indah Ria L. menyampaikan bahwa tahun 2023 nanti akan ada musyawarah kembali mengenai pendataan SDGs ini dan tim Pokja telah menyelesaikan pendatan sebelumnya dimana salah satunya Rumah Tangga baru atau pisah KK yang memang harus didata serta data yang dihasilkan untuk menentukan perencanaan untuk tahun 2023. Harapannya nanti Desa Kedungwaru bisa menjadi Desa Mandiri.

“Nanti pada tahun 2023 akan ada musyawarah kembali mengenai pendataan SDGs ini, terkait dengan hari ini bahwa kemarin sudah dilaksanakan pendataan kembali salah satunya Rumah Tangga baru atau pisah KK dan pindah masuk. Update data ini juga sebagai profil desa secara keseluruhan dan dari data yang dihasilkan akan digunakan untuk menentukan perencanaan-perencanaan tahun ini atau tahun 2023 serta dari data Desa Kedungwaru tersebut mengalami kenaikan dan harapannya nanti Desa Kedungwaru bisa menjadi Desa Mandiri”, kata Ria.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip SDG's Desa

Statistik Pengunjung