INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI BERANDA DESA KEDUNGWARU KECAMATAN KARANGSAMBUNG KABUPATEN KEBUMEN

Sosialisasi Pengembangan Pada Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)

Sosialisasi Pengembangan Pada Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)

PORTAL DESA KEDUNGWARU - UMKM merupakan singkatan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Pada dasarnya, UMKM adalah arti usaha atau bisnis yang dilakukan oleh individu, kelompok, badan usaha kecil, maupun rumah tangga. Sehingga UMKM dapat disimpulkan sebagai usaha ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat kalangan menengah ke bawah. 

Sebagai salah satu pilar perekonomian Indonesia, UMKM memiliki peran yang signifikan yaitu membuka lapangan kerja, mendukung perekonomian nasional dan lokal, meningkatkan daya saing, dan menjawab kebutuhan masyarakat lokal. Peran UMKM yang sangat besar terhadap ekonomi masyarakat ini yang menjadikan landasan KKN Unsoed melakukan sosialisasi pengembangan pada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). 

Pada sosialisasi ini, KKN Unsoed memberikan materi mengenai gambaran umum UMKM seperti definisi UMKM, pentingnya UMKM, dan faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan UMKM. Harapannya materi ini mampu menjadikan pelaku usaha makin paham mengenai UMKM itu sendiri.

Selain itu, KKN Unsoed memberikan materi mengenai pemanfaatan sosial media pada UMKM, dari mulai apa sih sosial media itu, manfaat sosial media, mengapa sosial media itu penting untuk UMKM sampai pengenalan sosial media mainstream untuk promosi produk UMKM. Materi ini bertujuan agar para pelaku usaha dapat lebih melek terhadap teknologi khususnya yang berkaitan mengenai promosi dan branding usaha melalui sosial media. Dengan hal itu, menjadikan UMKM berkembang jauh lebih pesat, dapat melebarkan pangsa pasarnya, dan menambah pelanggan baru.

Materi terakhir yaitu mengenai logo dan tool editor pembuatan konten promosi produk. Materi ini berisi pengenalan tool Canva yang sangat mudah untuk pembuatan gambar gambar desain untuk promosi produk sampai packaging produk. Selain itu, sebagai bentuk nyata dukungan mahasiswa KKN Unsoed terhadap UMKM di Desa Kedungwaru, KKN Unsoed membuatkan logo untuk setiap UMKM yang ada. Harapannya UMKM dapat mendapatkan identitas dan branding diri yang baik dengan logo yang baik pula.

Mahasiswa KKN Unsoed juga melakukan fiksasi dan penyesuaian logo kepada pelaku UMKM agar dapat mendapatkan logo yang pas dan sesuai dengan identitas produk yang ingin dijual. Harapannya sosialisasi pengembangan pada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ini dapat mendorong para pelaku UMKM di Desa Kedungwaru mengembangkan produk dan usahanya jauh lebih besar dengan memanfaatkan berbagai teknologi yang ada dan membangun identitas produk yang baik di masyarakat luas.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Peringati Hari Buruh, Bupati Kebumen Sebut Angka Penganguran Turun
Berkomitmen Majukan Pendidikan, Bupati Kebumen Raih Penghargaan Detik Jateng-Jogja Awards
Puluhan Ribu Warga Padati Alun-alun Pancasila, Nobar Timnas U-23 vs Uzbekistan
Silaturahmi dengan PPDI, Bupati Minta Perkuat Sinergitas
Bupati Kebumen Hibahkan Eks Gedung SD untuk Pemerintah Desa Sawangan

Arsip Berita

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2

Polling 3

Polling 4