INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI BERANDA DESA KEDUNGWARU KECAMATAN KARANGSAMBUNG KABUPATEN KEBUMEN

Potensi Sektor Pertanian

Potensi Sektor Pertanian

Potensi Sektor Pertanian

Sebagai salah satu desa yang berada di wilayah dataran rendah, Kedungwaru memiliki potensi lahan yang sangat baik, terutama untuk pertanian. Salah satu produk pertanian kedungwaru yang berpotensi menjadi andalan adalah produk pertanian segar dalam bentuk bahan pokok pangan seperti padi.

Kedungwaru merupakan Desa agraris yang memiliki potensi besar dan sumber daya alam yang melimpah untuk produk pertanian. Di sektor pertanian pangan khususnya padi Kedungwaru memiliki beragam jenis varietas padi, hal ini didukung kondisi lahan yang subur.

Pertanian merupakan sektor yang memiliki peranan signifikan bagi perekonomian masyarakat Kedungwaru. Sektor pertanian menyerap sekitar 50% dari total angkatan kerja di Kedungwaru dan menyumbang sekitar 72% sumber penghasilan masyarakat Kedungwaru. Fakta-fakta tersebut menguatkan pertanian sebagai megasektor yang sangat vital bagi perekonomian Kedungwaru.

Sektor pertanian di Kedungwaru merupakan tulang punggung dari perekonomian dan pembangunan desa, hal tersebut  dapat dilihat dalam penyerapan tenaga kerja, penyediaan pangan, dan penyediaan bahan baku industri rumah tangga. Sektor pertanian juga berperan dalam memeratakan pembangunan melalui upaya pengentasan kemiskinan dan perbaikan pendapatan masyarakat. Selain itu, sektor pertanian juga telah menjadi salah satu pembentuk budaya bangsa dan penyeimbang ekosistem.

Dengan bentang lahan pertanian yang cukup luas yang tersusun rapi. Memang tak dapat dipungkiri menjadikan sektor pertanian sebagai tulang punggung perekonomian desa serta menjadi sumber mata pencaharian dari sekitar 60% rakyatnya yang kemudian menjadi salah satu sektor rill yang memiliki peran sangat nyata dalam membantu penghasilan masyarakat desa.

 

Berikut gambaran rill landscape kondisi lahan pertanian Desa Kedungwaru Kecamatan Karangsambung Kabupaten Kebumen:

"Gemah Ripah Loh Jinawi Tata Tentrem Kerto Raharjo" 

Petani (Penyangga Tatanan Negara Indonesia) 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Potensi Desa Terkait

Kebumen Terkini

Peringati Hari Buruh, Bupati Kebumen Sebut Angka Penganguran Turun
Berkomitmen Majukan Pendidikan, Bupati Kebumen Raih Penghargaan Detik Jateng-Jogja Awards
Puluhan Ribu Warga Padati Alun-alun Pancasila, Nobar Timnas U-23 vs Uzbekistan
Silaturahmi dengan PPDI, Bupati Minta Perkuat Sinergitas
Bupati Kebumen Hibahkan Eks Gedung SD untuk Pemerintah Desa Sawangan

Arsip Potensi Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2

Polling 3

Polling 4